Friday, November 28, 2014

Tips Penting Bagaimana Cara Memblokir Rekening Penipu Online




Penipuan belanja secara online di dunia maya akhir-akhir ini sangat sering terjadi, banyak sekali yang telah menjadi korban dari penipuan belanja secara online, bahkan terkadang membuat traumatis para konsumen untuk membeli lagi secara online

Jika Anda sering belanja online namun khawatir tertipu, tidak usah khawatir karena sebagai konsumen kita sekarang bisa meminta pihak Bank untuk memblokir rekening bank milik orang yang menipu kita tersebut.

Seperti dikutip dari Kompas.com bahwa korban penipuan melalui transfer bank sekarang bisa meminta bank untuk memblokir rekening pelaku. Dan untuk selanjutnya pihak bank akan mengembalikan dana korban jika pelaku terbukti menipu atau kemudian tidak datang dan memberikan keterangan kepada bank.

Dan peraturan mengenai blokir rekening penipu ini sudah berlaku sejak tahun 2009 dan merupakan upaya pemerintah untuk melindungi nasabah perbankan dari tindak penipuan.

Dengan aturan perbankan ini, maka nasabah yang merasa tertipu dengan mengirim dana melalui transfer, bisa langsung meminta pada bank yang digunakan pelaku penipuan untuk diblokir. Bank akan segera menghentikan sementara rekening pelaku sambil meminta surat laporan dari kepolisian sambil melakukan verifikasi atas laporan korban.

Setelah bank melakukan identifikasi pada pemilik rekening pelaku dan ternyata setelah beberapa kali panggilan pelaku tidak hadir maka, bank bisa memutuskan untuk mengembalikan dana korban.

Kami dari pihak Toko Knalpot Indonesia mencoba merangkum hal-hal yang bisa melindungi konsumen sebagai bentuk kepedulian kami kepada anda

TINDAKAN PREVENTIF SEBELUM MELAKUKAN PEMBELIAN
  1. Selalu pilih online shop yang memiliki website resmi misal http://www.tokoknalpot.com karena dengan memiliki website resmi IP Address pemilik toko online sudah terdaftar di internet beserta alamat beroperasi dan data diri perusahaan, sebaiknya jangan terlalu percaya dengan penjual online yang memasang iklan di toko penyedia jasa online gabungan seperti misal Toko Bagus, Kaskus, facebook
  2. Selalu berhati-hati dengan barang yang ditawarkan dengan harga yang murah, misal handphone yang kita tahu dipasaran harga Rp 4.000.000,- ditawarkan dengan harga Rp 1.500.000,-
  3. Cek kredibilitas Seller, selalu cari tahu informasi alamat dan tempat seller itu beroperasi sebelum melakukan pembelian

APABILA ANDA TELAH MENJADI KORBAN PENIPUAN, ANDA BISA MELAKUKAN PERMOHONAN BLOKIR REKENING PELAKU PENIPUAN DENGAN CARA :
  1. Segera siapkan bukti transaksi, bukti salinan email atau sms atau blackberry messenger.
  2. Jangan lupa siapkan data pihak yang sudah menipu Anda, seperti nomor rekening dan nama pemilik rekening, juga nomor handphone/telepon, dan email / website.
  3. Jangan lupa siapkan juga bukti transfer bank, sms banking, atau internet banking.
  4. Buat kronologi kejadian diatas materai sebagai pelengkap laporan memblokir rekening penipu.
  5. Buat laporan penipuan ke kantor polisi terdekat dan minta surat pelaporan tadi untuk pelengkap laporan ke pihak bank.
  6. Laporkan ke kantor cabang bank yang bersangkutan, misalkan ke kantor cabang BCA atau Mandiri atau BNI atau BRI terdekat, tergantung bank pemilik rekening penipu tersebut. Sampaikan bahwa Anda telah di tipu oleh orang yang mempunyai nomor rekening yang telah anda kirimi uang. Sertakan bukti transfer beserta Surat Laporan Polisi (jangan lupa di foto copy) dan bank akan menampung laporan anda. Usahakan mendatangi Cabang Besar Bank karena akan cepat untuk di tindaklanjuti.
  7. Ajukan permohonan pemblokiran secara resmi sesuai aturan bank tersebut. Biasanya akan ada form yang disediakan oleh pihak bank.
  8. Selanjutnya Anda tinggal menunggu proses pemblokiran oleh pihak Bank, jangan lupa tinggalkan alamat dan nomor telepon Anda agar mudah dihubungi oleh pihak Bank.
  9. Dari laporan Anda untuk memblokir rekening tersebut, bank akan melakukan investigasi dan segera memblokir rekening tersebut. Rekening yang terblokir hanya bisa di buka oleh yang punya rekening, sehingga jika si penipu akan membuka blokir maka investigasi mendalam akan di lakukan oleh bank dan tidak menutup kemungkinan akan melibatkan kepolisian.

Semoga artikel ini bisa membantu anda semua



Toko Knalpot Indonesia

4 comments:

  1. Sampai saat ini saya masih takut untuk membeli secara online gan,

    ditunggu kunbalnya ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal ikutin caranya saja gan, banyak berhasilnya, saya juga pernah kena tipu beli online, saya ikutin caranya, alhasil uang kembali

      Delete

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar