Friday, November 28, 2014

TIPS MEMILIH KNALPOT YANG TEPAT




Fungsi knalpot tak hanya untuk menyalurkan gas buang dari kendaraan Anda. Dengan memasang knalpot yang tepat, Anda bisa meningkatkan tenaga dan performa mesin mobil, serta menghasilkan suara yang lebih ’galak’ dan powerful. Sebaliknya, jika Anda menggunakan knalpot dengan ukuran dan material yang tidak sesuai dengan specs mobil Anda, kemungkinan akan menimbulkan berbagai masalah. Maka, sebelum mendapat masalah, usahakan untuk memilih knalpot yang tepat.


  • Pilih lekukan pipa yang presisi. Lekukan pipa yang baik dan bulat bukan hanya dapat menghasilkan suara mesin yang halus, tapi juga dapat meningkatkan daya torsi pada mesin Anda. Contoh: Menggunakan diameter inlet knalpot yang terlalu besar yang tidak sesuai dengan kapasitas mesin menyebabkan tenaga mobil akan loss atau dalam istilah biasa menjadi "ngempos". Terlalu kecil diameter inlet knalpot anda menyebabkan pemampatan yang tidak berguna, sehingga tenaga mobil anda akan berkurang karena jalur buang yang terlalu sempit dalam istilah biasa "ngeden" . Pada umumnya, pilihan ukuran inlet knalpot adalah 2 inch (1000 cc-2500 cc) , 2.5 inch (2500 cc - 3000 cc) , dan 3 inch (3500 cc up)
  • Pilih bahan yang tepat. Untuk memaksimalkan tenaga mesin sekaligus menghasilkan suara dan getaran minimal pada knalpot, coba gunakan bahan dari stainless steel. Dengan demikian, umur pemakaiannya pun akan tahan lebih lama.
  • Ganti satu set. Untuk mendapatkan hasil terbaik, sebaiknya penggantian knalpot mulai dari header pada bagian depan, resonator, hingga muffler pada bagian paling belakang, biasanya itu hanya dilakukan untuk kepentingan balapan, ataupun yang memang suka speed yang tinggi, akan tetapi penggantian lengkap tersebut sebenarnya tidak begitu diperlukan bagi anda yang menggunakan mobil untuk keperluan sehari-hari, cukup hanya mengganti muffler paling belakang, atau maksimal sampai resonator saja tenaga dan power tarikan sudah berbeda jauh, dan juga mengingat budget yang dikeluarkan semakin besar untuk penggantian satu set, maka dari itu tetap harus menyesuaikan budget anda, dan apabila anda memang berminat mengganti muffler, sebaiknya diserahkan kepada ahlinya (bengkel knalpot yang anda percaya, di daerah anda masing-masing), agar hasilnya tidak mengecewakan dan exhaust system di mobil Anda dapat berfungsi secara maksimal.



GAMBAR DOWNPIPE / INTAKE MANIFOLD






GAMBAR RESONATOR




GAMBAR MUFFLER




GAMBAR TAIL PIPE

  • Untuk mobil matic, kami sarankan untuk tidak mengganti resonator maupun header, bagi mereka pengguna mobil matic untuk keperluan sehari-hari , cukup dengan mengganti muffler saja, tidak perlu mengganti resonator ataupun header, karena settingan mobil matic pabrik telah dihitung tiap langkah dan tenaganya sehingga penggantian header maupun resonator tidak perlu, cukup dengan mengganti muffler suara pun sudah berubah, dan tenaga tetap maksimal.
  • Sesuaikan Dengan Kebutuhan, kami sarankan anda mengganti knalpot sesuai dengan kebutuhan, apabila anda hanya ingin mobil tampil gaya, sebaiknya gunakanlah muffler cutting yang hanya berfungsi sebagai aksesoris saja, tetapi apabila anda ingin suara berubah, gunakanlah muffler
  • Hindari karat. Dengan terjadinya karat pada knalpot, maka terdapat kemungkinan asap masuk ke dalam kabin. Walaupun asap yang masuk hanya sedikit, hal itu dapat membahayakan kesehatan serta keselamatan para penumpang di dalam mobil. Selain itu, juga akan mengurangi efisiensi penggunaan bahan bakar kendaraan Anda, maka dari itu gunakanlah bahan yang terbuat dari stainless full, bukan hanya tampilan luar saja yang stainless, akan tetapi juga lebih baik apabila bagian dalam juga menggunakan stainless, karena bahan stainless itu anti karat, anti keropos dan daya tahan lebih lama.

Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat bagi para modifier



TOKO KNALPOT INDONESIA

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar